Sabtu, 06 Februari 2010

Menggapai Pertolongan Allah

Sering kita di hadapkan pada masalah yang amat begitu rumit untuk diselesaikan. Ketika gagal, banyak yang menganggap bahwa apa yang dilakukan tidak mendatangkan manfaat apapun. Terkadang diliputi keraguan dan mimpi-mimpi yang sulit diraba, merasa lelah memikirkan sesuatu yang sulit diraih. Akhirnya akan diliputi oleh perasaan sesal dan sedih yang berkepanjangan, merasa tidak berarti.

Lalu bagaimanakah caranya agar pertolongan Allah turun? Berikut ini adalah beberapa sebab yang menyebabkan pertolngan Allah turun kepada hambanya.

1. Senantiasa berjuang di jalan Allah / menolong agama Allah.
Allah berfirman;
“Hai orang-orang yang beriman jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”. (QS. Muhammad : 7)

“Sesungguhnya Allah pasti menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa”. (QS. Al Hajj : 40)

2. Senantiasa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah
Allah berfirman;
”Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar”(QS. Ath Thalaq:2)

”Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya jalan kemudahan dalam urusannya.”(QS. Ath Thalaq:4)

3. Mudahkanlah urusan orang lain.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu dari Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda: ‘Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya’. (HR. Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

4.Akhir kata mintalah pertolongan Allah dengan sabar dan jangan lupa shalat.
Allah berfirman;
”Mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat.” (Al Baqarah : 153)

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Posting Komentar

wibiya widget

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template